Apakah Anda sudah tahu arti nomor NIK yang ada pada KTP? Ini dia arti setiap angka tersebut

Penduduk Indonesia pasti hampir mempunyai sebuah tanda pengenal salah satu nya adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk). Pada kartu yang sering di selipkan pada dompet tersebut pasti mempunyai sebuah Nomor Induk Kependudukan atau biasa di sebut dengan NIK. namun apakah kamu tahu kalau di setiap angka di nomor induk kependudukan tersebut itu mempunyai masing-masing arti.



Sebagian orang mengabaikan nomor induk kependudukan tersebut hanya di perlukan jika di butuhkan saja namun tidak mengerti apa arti dari setiap angka yang ada di NIK tersebut. Seperti yang di ketahui ada sebuah pasal yang sudah mengatur NIK tersebut. Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 yang berisikan tentang Administrasi Kependudukan yang dimana pasal tersebut mengatur soal nomor identitas penduduk.

Dimana setiap orang yang ada di Indonesia harus memiliki sebuah Nomor Induk Kependudukan yang ternyata berklaku untuk seumur hidup atau selama nya. Nomor tersebut diberikan oleh pemerintah dan juga di terbitkan oleh sebuah Instansi Pelaksana yang di laksanakan kepada setiap orang yang sudah melakukan sebuah pencatatan biodata.

Jika anda belum mengetahui arti dari masing-masing angka yang ada di nomor induk kependudukan pada kartu tanda penduduk yang anda saat ini taruh di dompet, coba anda cocokan dengan contoh di bawah ini, dan coba di sesuaikan dengan data-data yang ada pada kartu tanda penduduk anda sendiri.

Contoh tersebut misalnya NIK : 16 08 15 10 04 91 0001
16 : Kode provinsi di mana NIK diterbitkan (Prop Sumatera Selatan : 16)
08 : Kode kabupaten / kota di mana NIK diterbitkan. Angka 08 menandakan Kabupaten OKU Timur.
15 : Kode kecamatan di mana NIK diterbitkan.
10 : Tanggal lahir. Jika perempuan, tanggalnya ditambah 40. Misalnya tanggal 10 akan menjadi 40.
04 : Bulan lahir. 91 : Dua angka terakhir tahun lahir.
0001 : Nomor urut 0001-9999. Berurut sesuai dengan 12 angka sebelumnya.

Itulah tadi penjelasan mengenai NIK (nomor induk kependudukan), NIK di atas sebagai contoh, kode wilayah disetiap daerah berbeda-beda. Silahkan share..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Anda sudah tahu arti nomor NIK yang ada pada KTP? Ini dia arti setiap angka tersebut"

Post a Comment