Ternyata Bunyi ledakan besar di Kampar berasal dari uji mesin F-16

Bunyi ledakan besar di Kampar berasal dari uji mesin F-16

Masyarakat kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dikejutkan dengan suara ledakan dan getaran hebat, Senin (30/11). Diduga, suara tersebut berasal dari Sonic boom pesawat tempur F-16 yang sedang berlatih.

Terkait itu, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadi (RSN) Pekanbaru, Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Henri Alfiandi membenarkan sumber suara ledakan berasal dari dentuman sonic boom F-16 karena terbang melampaui kecepatan suara. 

"Ada pergantian mesin pesawat F-16, dan dilakukan uji mesin. Itu bukan bom, tapi sonic boom (suara dentuman) yang dihasilkan dari mesin pesawat saat terbang di atas kecepatan suara," ujar Henri kepada wartawan.

Kata Henri, saat mengeluarkan suara ledakan besar, posisi F-16 berada di ketinggian 40 ribu kaki dari permukaan tanah.

"Uji terbang mesin pesawat tempur F-16 pada ketinggian tersebut, merupakan sesuai standar. Ini normal, itu uji terbang ketinggian normal," jelas Henri.

"Sama seperti petir yang menyambar bunyinya, mungkin karena pagi, masyarakat kaget," lanjut dia.

Henri memastikan dentuman dan getaran sonic boom tersebut tidak memberikan efek negatif atau kerusakan di darat. Pesawat tempur F-16 tersebut milik Skuadron Udara 16 RSN Pekanbaru.

Untuk diketahui, keberadaan pesawat tempur buatan Amerika Serikat ini masih terbilang baru di Lanud RSN Pekanbaru. Pesawat tersebut memperkuat armada skuadron udara 12 yang sebelumnya telah berada di Lanud RSN Pekanbaru.

sumber : merdeka.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Bunyi ledakan besar di Kampar berasal dari uji mesin F-16"

Post a Comment